ADAPTASI DESAIN POSTER FILM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM PERSPEKTIF LINTAS BUDAYA DAN PEMASARAN GLOBAL
Abstrak
Bagi penonton, poster film mungkin hanya salah satu agenda pemasaran untuk
mempromosikan sebuah film. Akan tetapi bagi perusahaan film, poster film harus
dapat menarik penonton dan membangkitkan rasa ingin tahu atau ketertarikan
mereka untuk menontonnya. Poster film juga dapat dilihat sebagai wawasan
terhadap suatu budaya dalam kehidupan. Studi ini mengulas strategi dari pembuat
film bersama dengan pemasar dalam mempublikasikan poster filmnya ke negaranegara lain. Studi kepustakaan dipilih sebagai metode penelitian agar dapat
menjangkau lebih banyak literatur dari berbagai sumber, serta membandingkan
temuan dari riset-riset seblumnya. Temuan dari studi ini mengindikasikan bahwa
poster film tidak didesain dalam satu versi saja secara global untuk khalayak di
seluruh dunia, akan tetapi didesain ulang dan terkadang diterjemahkan sesuai
dengan kebudayaan, pemikiran, dan estetika lokal masyarakat negara tersebut.
Kata Kunci: Desain, Poster Film, Pemasaran, Lintas Budaya, Promosi