ANALISIS VISUAL DESAIN VIDEO GAME SUPER MARIO BROS. TAHUN 1985

Penulis

  • Mileneo Prayudyanto
  • Evelyne Henny Lukitasari
  • Ahmad Khoirul Anwar

Abstrak

Artikel ini membahas hasil penelitian tentang elemen desain visual dan prinsip desain yang digunakan dalam video game Super Mario Bros. 1985. Kedua hal ini tercermin dalam rumusan masalah yaitu mencari elemen desain visual apa dan prinsip desain apa yang digunakan dalam video game tersebut. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan jawaban yang tercantum dalam kedua rumusan masalah di atas. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dengan data primer yaitu video game itu sendiri dan sekunder dengan penyebaran kuesioner atau survei. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Super Mario Bros., dirilis pada tahun 1985 untuk Nintendo Entertainment System (NES), memanfaatkan berbagai elemen desain visual, termasuk garis, bentuk, tekstur, dan warna, untuk menciptakan dunia game yang ikonik dan berkesan. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa dalam video game Super Mario Bros. 1985 terdapat beberapa klasifikasi garis (horizontal dan vertikal) seperti garis tanah, garis blok, garis pipa, garis platform, garis musuh, dan scenery lines. Sedangkan untuk bentuk, berbagai bentuk atau bidang ditemukan dalam karakter dan jumlah piksel yang membentuk para karakter dalam video game tersebut. Elemen desain lainnya adalah tekstur yang terdapat dalam tekstur balok padat, tanah, latar belakang, dan musuh. Sedangkan warna, Super Mario Bros. 1985 menggunakan palet warna terbatas, dan prosentase RGB spesifik untuk warna latar belakang mungkin tidak tersedia atau didokumentasikan dengan baik. Untuk prinsip desain yang digunakan dalam video game Super Mario Bros. 1985 adalah emphasis (penekanan), balance (keseimbangan), rhythm (irama), dan unity (kesatuan). Masing-msing karakter, baik protagonis maupun antagonis memiliki ciri khas dalam prinsip desain mereka. Demikian juga untuk elemen penunjang lainnya, mereka memiliki ciri khas dalam prinsip desainnya. Akhirnya, sebagai penguat temuan prinsip desain yang digunakan dalam Super Mario Bros. 1985, dilakukan survey (15 pertanyaan) terhadap 52 orang dan yang menjawab survey tersebut adalah 37 orang yang merupakan responden dengan pengalaman pernah memainkan video game ini.

Kata kunci: elemen visual, prinsip desain, Super Mario Bros. 1985

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-23

Terbitan

Bagian

Articles